Senin, 07 Februari 2011

pengertian sistem oprasi

OS adalah singkatan dari Operating System atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Sistem Operasi. OS merupakan program yang paling penting yang berjalan pada komputer.

Sistem Operasi disebut juga Platform Software yang terdiri dari program utama dan program Low-Level yang mengatur operasi dasar komputer. Kumpulan program ini menyediakan layanan kontrol terhadap sumber daya komputer.

Secara khusus, sistem operasi menangani kontrol dan penggunaan sumber daya perangkat keras, seperi disc-room, memory, processor, dan perangkat tambahan lain, seperti mouse, printer, dan lain-lain.
Sebenarnya, apa saja sih fungsi OS ini? Bisa terbayangkan bukan kalau OS ini pasti memiliki fungsi yang banyak, karena tanpa adanya OS dalam sebuah komputer, maka komputer tersebut sampai kita jungkir-balikpun tidak akan dapat beroperasi sebagaimana semestinya.

Secara dasar, Sistem Operasi melakukan tugas seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar monitor, melacak file dan mengendalikan perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar